Minggu, 31 Agustus 2014

Cara Mengatasi Siswa Bolos Belajar


Halo! Kali ini mimin ingin berbagi tips untuk para guru bagaimana cara mengatasi siswa bolos belajar. Bolos belajar sudah menjadi fenomena umum di sekolah. Siswa meninggalkan kelas saat jam pelajaran masih berlangsung. Minta izin kepada guru namun tidak kembali sampai jam pelajaran berakhir.


Pasti ada yang tidak beres. Padahal siswa tahu, kalau bolos belajar itu merugikan. Siswa akan ketinggalan materi pelajaran. Bahkan, tawuran antar pelajar sering terjadi pada jam sekolah. Buktinya, mereka masih mengenakan seragam sekolah.

Mengapa siswa bolos belajar? Banyak sekali faktor penyebabnya. Di antaranya kemalasan atau kebosanan belajar, pembelajaran yang kurang menarik, hubungan komunikasi sosial yang terganggu antara guru dan siswa, pengelolaan kelas yang buruk, dll.

Untuk mengantisipasi siswa bolos belajar, seperti yang telah dilansir oleh Matra Pendidikan ada beberapa alternatif upaya yang perlu dilakukan oleh guru: 
  1. Sajikan materi pelajaran secara menarik dan menyenangkan. Ini akan mampu mereduksi kebiasaan siswa untuk sering minta izin dengan berbagai alasan. 
  2. Ciptakan suasana komunikasi harmonis dengan siswa. Komunikasi yang harmonis antara guru dan siswa akan membuat siswa merasa betah berada di kelas. 
  3. Kuasai seisi  ruangan kelas dengan cermat.  Ini mencegah siswa yang meninggalkan kelas diam-diam tanpa sepengetahuan guru. Misalnya saat guru menulis di papan tulis. Oleh sebab itu posisi berdiri saat menulis di papan tulis tidak membelakang penuh kepada siswa.
  4. Atur siswa yang minta izin meninggalkan kelas. Jangan bolehkan siswa minta izin lebih dari satu orang secara bersamaan. Melainkan izinkan secara bergantian satu persatu siswa. Ada semacam budaya antri untuk minta izin meninggalkan kelas.
  5. Jika memungkinkan, siswa yang minta izin supaya menuliskan nama dan lamanya waktu meninggalkan kelas. Hal ini ditulis di pojok kanan papan tulis. Jika ada siswa lain yang ingin minta izin, dapat membaca siapa yang sedang minta izin. Cara seperti ini membantu guru untuk memantau siswa yang sedang meninggalkan kelas atau siswa yang bolos.  
Mudahan-cara tersebut menjadi alternatif bagi guru untuk mengatasi siswanya yang bolos belajar.
Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar