Rabu, 27 Agustus 2014

Tips Agar Sukses dalam Belajar


Hallo pembaca setia! Kali ini mimin akan membahas apa saja tips agar sukses dalam belajar. Sukses belajar ditandai dengan perolehan prestasi belajar memuaskan. Selain itu mampu menunjukkan sikap dan tingkah laku baik kepada siapa saja. Memiliki kecakapan dasar sesuai tahap perkembangan berpikir siswa.

Itu di antaranya indikator siswa dikatakan telah sukses belajar. Indikasi tersebut didasarkan pada pengertian belajar. Belajar adalah usaha untuk mengubah intelektual (pengetahuan), sikap dan tingkah laku (afektif) dan keterampilan (motorik).

Lalu, bagaimana upaya meraih kesuksesan belajar tersebut? Berikut beberapa tips seperti yang telah dilansir oleh Mitra Pendidikan :

1.Taat dan rajin ibadah.
Siswa yang rajin beribadah berpeluang lebih sukses dalam belajar. Hal ini cukup beralasan, siswa yang taat dan rajin beribadah memiliki keterkaitan batin yang kuat  dengan Maha Pencipta dalam mewujudkan semua upaya meraih kesuksesan.

2.Menguasai cara belajar yang baik.
Rajin dan tekun belajar, itu penting. Namun lebih penting lagi adalah menguasai cara belajar yang efektif dan efisien sehingga mudah untuk mencapai tujuan dan hasil yang diinginkan.

3.Menjaga kesehatan.
Jika tubuh siswa sering mengalami gangguan kesehatan, agak sulit untuk meraih kesuksesan belajar. Konsentrasi siswa akan selalu terganggu karena kesehatan tubuh yang menurun. Oleh sebab itu, siswa benar-benar perlu menjaga kesehatan fisik dengan olah raga dan istirahat serta gizi yang cukup.

4.Makanan dan minuman.
Konsumsi makanan dan minuman yang sehat, halal dan baik. Sebab, makanan dan minuman dapat mempengaruhi kecerdasan otak. Beberapa makanan yang memperburuk fungsi otak sudah mimin share sebelumnya disini.

5.Dukungan orang tua.
Orang tua tidak hanya menyerahkan anak-anak ke sekolah. Tugas orang tua justru lebih berat. Beratnya tugas ini bukan karena masalah biaya pendidikan anak.  Melainkan untuk mendorong kemauan dan kemajuan belajar anak di rumah. Orang tua perlu menciptakan suasana belajar kondusif di rumah.

Itulah beberapa hal penting agar siswa sukses dalam belajar. Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar