Minggu, 31 Agustus 2014

Mencermati Struktur Kurikulum 2013


Halo pembaca semuanya! Kali ini mimin akan mengenalkan sedikit mengenai kurikulum 2013 kepada kalian. Kurikulum 2013 dilaksanakan pada tahun pelajaran 2014/2015.  Persiapan pelaksanaannya telah dan sedang dilaksanakan oleh masing-masing sekolah. Bahkan beberapa sekolah telah selesai melaksanakan lokakarya sekolah.

Struktur kurikulum 2013 memang agak berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Perbedaan mencolok dan mudah terlihat adalah alokasi jam belajar. Jika struktur kurikulum sebelumnya memuat struktur 32 jam pelajaran per minggu, maka kurikulum 2013 memuat 38 jam pelajaran perminggu.

Pada kurikulum 2013 terjadi peningkatan kuantitas beban belajar. Bagi guru, penambahan alokasi jam mengajar akan memberi peluang untuk melaksanakan pembelajaran lebih leluasa karena waktu tersedia telah meadai. Guru mata pelajaran dapat menerapkan pendekatan saintifik (suatu pendekatan belajar yang mengarahkan siswa untuk mengenal, mengolah dan memiliki informasi belajar sehingga menjadi miliknya) dalam waktu yang cukup.

Bagi siswa, kurikulum 2013 memberi peluang untuk berimprovisai mengelola bahan belajar. Mengelola dalam hal ini adalah membaca, memahami,mengolah dan memiliki materi pelajaran. Muaranya adalah pembelajaran menjadi menyenangkan bagi siswa.


Sumber : www.matrapendidikan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar