Senin, 18 Agustus 2014

Finlandia, Mutu Pendidikan Terbaik Di Dunia.


Halo semuanya, ketemu lagi dengan admin yang ganteng (harapan sekaligus impian) :p 
maaf sudah lama tidak posting, admin sedang tersesat di jalan yang bernama kehidupan.. -,-
yosshhh! Kali ini admin akan membahas tentang sebab negara Finlandia sehingga dapat menjadi negara dengan mutu pendidikan terbaik di dunia. Sebelumnya admin sudah memposting tentang negara dengan mutu pendidikan terbaik dan negara yang tidak melaksanakan Ujian Nasional.



Inilah yang menarik perhatian dari Finlandia, Negara yang beribukota di Helsinki ini selain tidak melaksanakan Ujian Nasional, anggaran pendidikan di negara mereka juga tidak terlalu tinggi. Lantas mengapa bisa mutu pendidikan negara ini sangat bagus? Jawabannya adalah, Finlandia berfokus pada Kualitas Guru dan memiliki sebuah sistem pendidikan yang bagus.

Di Finlandia hanya ada guru-guru dengan kualitas terbaik dengan pelatihan terbaik juga. Profesi guru adalah profesi yang sangat dihargai, meski gaji mereka tidaklah fantastis. Lulusan sekolah menengah terbaik biasanya justru mendaftar untuk dapat masuk di sekolah-sekolah pendidikan, dan hanya 1 dari 7 pelamar yang bisa diterima. Persaingannya lebih ketat daripada masuk ke fakultas hukum atau kedokteran!

Di Finlandia anak-anak baru bisa diterima pada sekolah tingkat dasar setelah mencapai usia 7 tahun. Bahkan jam sekolah mereka lebih sedikit dibandingkan dengan negara-negara lainnya yaitu hanya 30 jam perminggu. Dan para Guru tidak membebani siswa dengan PR, pelajaran tambahan, serta mengekang para siswa dengan aturan-aturan atau disiplin ala militer.

Para siswa telah dilatih atau didorong untuk bekerja secara independen dengan berusaha untuk mencari sendiri informasi yang mereka butuhkan. Untuk menjadikan suasana sekolah sangat santai dan fleksibel, para Guru berusaha menekan dan meminimalisir semua hal yang berbau perintah agar para siswa tidak merasa tertekan hingga terciptalah suasana belajar yang menyenangkan.

Tidak langsung menyalahkan siswa serta menghindari kritik terhadap pekerjaan siswa agar siswa bisa terhindar dari rasa malu, karena hal tersebut akan menghambat mereka dalam belajar. Mereka hanya diminta membandingkan hasil mereka dengan nilai sebelumnya, dan tidak dengan siswa lainnya. Sebuah metode mengajar yang patut dicontoh oleh para Guru di Indonesia saat ini.

admin bersumber dari :
http://sanlogs.com/mutu-pendidikan-terbaik-dunia.html
http://klipingartikelpendidikan.blogspot.com/2013/01/mengapa-mutu-pendidikan-finlandia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar